Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cover Silabus Sd


Cover Silabus Sd

silabus penjas sd kurikulum 2013 bisa diperoleh di mana?

1. silabus penjas sd kurikulum 2013 bisa diperoleh di mana?


di google atau di pengajaran

2. analisis kelemahan dan kesesuaian KD dengan indikator pada silabus SD


Jumlah keseluruhan pemain yang saling berhadapan dalam sebuah pertandingan bola basket

3. Analisis kelemahan kompetensi dasar dengan Indikator Pencapaian Kompetensi PJOK pada silabus SD


gatau apaan tuh ......

4. 2. Bagaimanakah Analisis kelemahan dan kesesuaian setiap kompetensi dasar dengan Indikator Pencapaian Kompetensi pada silabus SD/SMP/SMA/SMK!


Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.

Dalam mengembangkan indikator perlu mempertimbangkan: (1) tuntutan kompetensi yang dapat dilihat melalui kata kerja yang digunakan dalam KD; (2) karakteristik mata pelajaran, peserta didik, dan sekolah; dan (3) potensi dan kebutuhan peserta didik, masyarakat, dan lingkungan/ daerah.

Dalam mengembangkan pembelajaran dan penilaian, terdapat dua rumusan indikator, yaitu: (1) indikator pencapaian kompetensi yang dikenal sebagai indikator; dan (2) indikator penilaian yang digunakan dalam menyusun kisi-kisi dan menulis soal yang di kenal sebagai indikator soal.

Indikator dirumuskan dalam bentuk kalimat dengan menggunakan kata kerja operasional. Rumusan indikator sekurang-kurangnya mencakup dua hal yaitu tingkat kompetensi dan materi yang menjadi media pencapaian kompetensi.

B. Fungsi Indikator

Indikator memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam mengembangkan pencapaian kompetensi berdasarkan SK-KD. Indikator berfungsi sebagai berikut:

1. Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran.

Pengembangan materi pembelajaran harus sesuai dengan indikator yang dikembangkan. Indikator yang dirumuskan secara cermat dapat memberikan arah dalam pengembangan materi pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan peserta didik, sekolah, serta lingkungan.

2. Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran.

Desain pembelajaran perlu dirancang secara efektif agar kompetensi dapat dicapai secara maksimal. Pengembangan desain pembelajaran hendaknya sesuai dengan indikator yang dikembangkan, karena indikator dapat memberikan gambaran kegiatan pembelajaran yang efektif untuk mencapai kompetensi. Indikator yang menuntut kompetensi dominan pada aspek prosedural menunjukkan agar kegiatan pembelajaran dilakukan tidak dengan strategi ekspositori melainkan lebih tepat dengan strategi discovery-inquiry.

3. Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar.

Bahan ajar perlu dikembangkan oleh guru guna menunjang pencapaian kompetensi peserta didik. Pemilihan bahan ajar yang efektif harus sesuai tuntutan indikator sehingga dapat meningkatkan pencapaian kompetensi secara maksimal.

4. Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar.

Indikator menjadi pedoman dalam merancang, melaksanakan, serta mengevaluasi hasil belajar, Rancangan penilaian memberikan acuan dalam menentukan bentuk dan jenis penilaian, serta pengembangan indikator penilaian. Pengembangan indikator penilaian harus mengacu pada indikator pencapaian yang dikembangkan sesuai dengan tuntutan SK dan KD.

C. Manfaat Indikator Penilaian

Indikator Penilaian bermanfaat bagi : (1) guru dalam mengembangkan kisi-kisi penilaian yang dilakukan melalui tes (tes tertulis seperti ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester, tes praktik, dan/atau tes perbuatan) maupun non-tes; (2) peserta didik dalam mempersiapkan diri mengikuti penilaian tes maupun non-tes. Dengan demikian siswa dapat melakukan self assessment untuk mengukur kemampuan diri sebelum mengikuti penilaian sesungguhnya; (3) pimpinan sekolah dalam memantau dan mengevaluasi keterlaksanaan pembelajaran dan penilaian di kelas; dan (4) orang tua dan masyarakat dalam upaya mendorong pencapaian kompetensi siswa lebih maksimal.

semoga membantu ya

5. analisis kelemahan dan kesesuaian setiap kompetensi dasar dengan indikator pencapaian kompetensi pada silabus SD SMP SMA dan SMK


Penentuan IPK pada setiap KD yang ada

Kompetensi Dasar

3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)

4.1 Mempraktikkan gerak spesifik dalamberbagai permainan bola besar sederhana danatau tradisional *)


CONTOH 1

Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1.1.    Mengidentifikasikan berbagai gerakspesifik menendang, menahan danmenggiring bola permainan sepak bola.

3.1.2.    Menjelaskan gerak spesifik menendang,menahan dan menggiring bola permainansepak bola.

3.1.3.    Menjelaskan cara melakukan gerakanmenendang, menahan dan menggiringbola permainan sepak bola.

4.1.1.    Melakukan gerak spesifik menendang,menahan dan menggiring bola permainan sepak bola.

4.1.2. Menggunakan gerak spesifik menendang,menahan dan menggiring bola dalambentuk permainan sepak bola yang dimodifikasi.

Materi pembelajaran

Menendang dengan kaki bagian dalam, bagian luar dan ujung kaki

Menahan dengan kaki bagian dalam, bagian luar dan ujung kaki


6. Kelas: v (lima) sd Identitas buku dalam sebuah cover terdapat pada?


halaman kedua...

(maaf kalo salah)...pada hal ke -2 kalo salah sorry soalnya seinget doang‍♀️

7. Sumber belajar dalam silabus dikembangkan dengan memperhatikan komponen silabus pada....


Jawaban:

kompetensi dasar dan indikator

Penjelasan dengan langkah-langkah:

dari silabus, pentingnya memerhatikan unsur-unsur yang terdapat dalam silabus seperti komponen utama yang terdapat dalam kompetensi dasar sehingga terurai dalam indikator. menurut saya seperti itu

jika salah maafkan saya sebab saya pemula


8. Analisis kelemahan dan kesesuaian setiap kompetensi dasar dengan Indikator Pencapaian Kompetensi pada silabus SD/SMP/SMA/SMK


Ya begitu lah jawabannya

9. analisis kelemahan dan kesesuaian setiap KD dan Indikator pencapaian kompetensi pada silabus SD/SMP/SMA/SMK


jawabannya adalah SMA

10. Kelemahan dan kesesuaian setiap kompetensi dasar dengan indikator pencapaian kompetensi pada silabus sd,smp,sma


terlalu banyak tugas dan waktu belajar sehingga membuat jenuh maka tirulah finlandia dan negara maju

11. Apa bedanya silabus lama dengan silabus baru?


Jawaban:

kalo yang lama berarti sudah kuno kalau yang baru berarti modern


12. 2. Analisis kelemahan dan kesesuaian setiap kompetensi dasar dengan Indikator Pencapaian Kompetensi pada silabus SD/SMP/SMA/SMK!


Itu sangat bweda sekaliue

13. 1. Pengertian Silabus 2. Prinsip-Prinsip Silabus​


Jawaban:

1). Pengertian Silabus=

Silabus adalah salah satu komponen perangkat pembelajaran dari rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu.

2). Prinsip-Prinsip Silabus=

(Maaf yang ini saya tidak tahu)

Penjelasan:

maaf banget kalo salah QvQ...


14. Apa saja kelemahan dan keseuaian setiap KD dg indikator pencapaian kompetensi pd silabus SD/SMP/SMA


ulanggan un semester

15. Analisis kelemahan dan kesesuaian setiap kompetensi dasar dengan Indikator Pencapaian Kompetensi pada silabus SD/SMP/SMA/SMK !


mungkin tidak ada hadiah nya makanya lemah
maaf klo salah muach


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Cover Silabus Sd"